Home » Budidaya » Cara Perawatan Ikan Discus Agar Tidak Gampang Mati

Cara Perawatan Ikan Discus Agar Tidak Gampang Mati

Rahasia cara perawatan ikan Discus agar tidak gampang mati bisa berumur panjang. Pemula sering bilang mau pelihara ikan Discus tapi sulit perawatan-nya. Sebetulnya tidak sulit memelihara ikan hias ini.

Pemeliharaan Discus sama saja dengan memelihara ikan hias lain, seperti ikan cupang, ikan guppy.  Perawatan ikan Discus hanya perlu sedikit keahlian khusus dan memahami karakter dan kebutuhan ikan itu sendiri.

baca juga: Cara Membesarkan Burayak Ikan Cupang

Discus merupakan salah satu ikan hias banyak penggemar bernilai ekonomis tinggi. Banyak yang suka karena ikan hias air tawar ini memiliki corak warna cerah beragam. Tak heran harganya ratusan ribu bahkan mencapai jutaan rupiah per ekor.

Namun, Discus perlu perawatan khusus agar keindahannya selalu terjaga dan tidak gampang mati. Untuk itu pecinta Discus harus mengetahui bagaimana cara merawat dengan baik. Jika tidak mendapat rawatan dengan baik warna serta motif tidak optimal.

Perawatan Ikan Discus

Karakter Ikan Discus

Layaknya seperti ikan hias lainnya, letak kesuksesan saat merawat ikan Discus yaitu penanganan yang benar dan disiplin tinggi.

Ikan Discus memerlukan lingkungan stabil dalam akuarium, karena apabila situasi lingkungan labil ikan ini tidak tahan mudah mati. Ikan Discus amat rawan pada suatu yang asing baginya.

Untuk menciptakan situasi stabil ada langkah dan cara-cara serta perihal yang butuh kita cermati sebelum mulai memelihara ikan pipih ini.

Perawatan Ikan Discus

1. Membeli Ikan Discus

Perawatan ikan Discus mulai dari membeli anakan. Beli ikan Discus pada peternak yang terpercaya. Jangan sekali-kali beli ikan Discus pada sembarang pedagang. Bila kita beli pada pedagang terpercaya, harga ikan mungkin sedikit lebih mahal tapi kita yakin dapat ikan bagus dan sehat.

Selain itu kita bisa manfaatkan untuk berkonsultasi bagaimana cara pelihara ikan Discus yang baik dan benar pada mereka.

Pilih mata ikan yang masih kecil bandingkan dengan ikan lainnya. Lihat juga bentuk tubuh, pilih  yang proposional cendrung bundar bukan lonjong.

Discus dengan jenis warna cerah seperti sun merah, yellow, pigeon, pilih yang bersih dari noda titik-titik hitam. Karena akan sulit menghilangkan noda tersebut nanti. Pilih warna yang mulus dari kotoran atau-noda noda lain.

2. Perawatan Akuarium

Akuarium telah berisi air beserta filter dalam kondisi hidup. Air yang ada dalam akuarium harus sudah di-endapkan sekurang-kurangnya 24 jam. Tujuannya adalah untuk mengurangi kejenuhan air. Jika air belum di-endapkan kuatir memiliki kandungan bakteri maupun penyakit yang bisa mengancam masa hidup ikan.

Jangan memakai air sumur langsung, karena air sumur banyak memiliki kandungan zat besi sangat tinggi serta tidak baik untuk perkembangan ikan Discus.

3. Kualitas Air

Perawatan Ikan Discus yang utama adalah memperhatikan kualitas air. Sebelum memasukkan ikan tes suhu air terlebih dahulu, suhu air mesti ada pada posisi 30 – 32 derajat celcius. Kurang dari angka tersebut ikan dapat kehilangan daya tahan tubuh. Ikan gampang dapat serangan penyakit, selanjutnya ikan bisa berujung kematian.

Jika suhu air terlampau tinggi juga menyebabkan ikan Discus tidak bertahan lama. Heater harus mesti senantiasa pada posisi on.

Kualitas derajat keasaman pH air harus terjaga dengan baik. Nilai pH usahakan sekitar 7. Jika ingin membudidayakan pH air yang baik bawah 7 yaitu 5 atau 6.

4. Kebersihan Akuarium

Selalu jaga kebersihan akuarium dengan baik. Ganti air dalam akuarium 1 minggu sekali. Penggantian air hanya 40 – 50 persen dari volume seluruh air dalam akuarium. Jangan semua ganti semua air dalam akuarium.

Air dalam akuarium beserta perlengkapan seperti filter harus bersih. Setiap ada perubahan air, masukkan garam ikan sejumlah 1 sendok makan. Perubahan air bisa terjadi karena pekerjaan membuang sisa-sisa pakan dan lendir ikan, atau bisa juga oleh akibat lain.

Buang segera lendir ikan karena kalau tidak sangat mudah menyebabkan bakteri maupun penyakit.

5. Pemberian Obat

Jangan terlampau banyak memberikan obat-obatan dalam dosis tinggi. Jangan gampang memberikan obat bila ikan Discus terkena penyakit. Pemberian obat yang salah, bukan mengobati malah dapat mengakibatkan keracunan pada ikan. Sebaiknya apabila ikan sakit tanyakan pada penjual pada tempat beli ikan jika Anda seorang pemula.

6. Pakan Discus

Pakan ikan sebaiknya berikan yang halus, karena pencernaan ikan Discus lebih kecil dari pada ikan hias lain. Apabila memberikan pakan ikan yang kasar pencernaan ikan dapat terganggu. Maka dari itu hindari pakan ikan yang kasar.

7. Kunci Sukses Perawatan Ikan Discus

Perawatan ikan Discus kunci sukses terletak pada kedisiplinan. Disiplin dalam perawatan, baik itu membersihkan akuarium maupun peka terhadap perubahan lingkungan. Ikan Discus tergolong ikan yang sensitif terhadap perubahan lingkungan.

Apabila dia tidak nyaman dengan lingkungannya akan mudah stres bisa berujung pada kematian. Maka dari itu menjaga kualitas air dengan baik merupakan salah satu kunci sukses perawatan Discus.

baca juga: 5 Ikan Dipercaya Membawa Hoki Keberuntungan

Apabila hal tersebut sudah kita laksanakan, maka kita sudah berupaya memelihara Discus dengan baik. Mudah-mudahan ikan pipih ini dapat bertahan hidup dalam periode waktu lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.