Home » Budidaya » Burung » Ciri Ciblek Yang Bagus Sering Ikut Lomba

Ciri Ciblek Yang Bagus Sering Ikut Lomba

Ciri Ciblek yang bagus berguna saat hendak membeli burung. Tujuan memelihara burung kicau sudah pasti menikmati suara. Burung Ciblek mempunyai suara kicau besar jadi banyak yang suka. Walau kicau burung ini senada tapi tetap menarik karena kicau berulang-ulang terus dan terus tiada henti dengan nada tinggi. Kicauan Ciblek bisa berlangsung dalam waktu lama.

Ciblek banyak terdapat di Jawa, Bali dan Sumatera. Habitat ciblek daerah sawah, kebun, ladang, pinggiran hutan dan sekitar rumah penduduk. Berada pada dataran rendah hingga ketinggian 1000 m dpl, sangat mungkin burung ini kita temui.

Burung Ciblek

Musim berkembang biak burung ini tidak pasti, akan tetapi pada umumnya mereka berkembang biak pada saat menjelang musim hujan dengan jumlah telur antara 2 sampai 3 butir.

Makanan alami paling mereka suka adalah serangga, seperti ulat daun, rayap, telur kupu-kupu, telur semut dan jenis serangga lainnya

Ciri-Ciri Ciblek Yang Bagus

Burung ciblek dikatakan bagus dan baik apabila telah rajin berkicau. Namun hal itu belum cukup kalau ingin membawa ke arena lomba. Suara kicau sudah bagus mempunyai volume besar, keras, tajam, cepat dan tebal.

Hal ini sangat tidak mungkin ada pada Ciblek bakalan atau baru ditangkap. Untuk itu harus pintar memilih bakalan agar nanti berpotensi mempunyai kicau  keras. Lalu bagaimana melihat ciri bakalan Ciblek yang baik.

1. Pastikan bakalan Ciblek jenis kelamin jantan, karena emang Ciblek jantan rajin berkicau.

baca juga: Ciri-ciri Ciblek Jantan atau Betina

2. Paruh agak panjang dan tidak begitu tebal menandakan ciblek memiliki suara yang baik dan rajin berkicau, sementara paruh yang pendek dan tipis biasanya jarang berkicau

3. Mmempunyai kepala bentuk kotak, dengan mata melotot bulat besar, tandanya burung memiliki mental bagus.

4. Hiidung sedekat mungkin dengan mata.

5. Mempunyai leher panjang dan padat itu tandanya burung memiliki suara powerful dan bagus.

6. Postur tubuh sedang. Jangan pilih bakalan Ciblek badan pendek dan leher pendek. Panjang antara leher, badan dan ekor serasi.

7. Sayap rapat ke badan.

8. Kaki terlihat besar dan kering, cengkeraman kuat dan kokoh.

Itulah ciri-ciri bakalan burung Ciblek yang bagus dari segi fisik. Lihat juga nafsu makan dan gerakan burung tersebut. Jika nafsu makan tinggi dan gerakan lincah, tandanya burung itu sehat dan bebas penyakit perkembangan bagus.

baca juga: Cara Merawat Ciblek Liar Baru Ditangkap

Ciri Ciblek Sering Ikut Lomba

Kenapa perlu tahu Ciblek yang sering ikut lomba? Burung yang ikut lomba apalagi juara sudah pasti burungnya bagus suaranya gacor. Jenis Ciblek apa yang banyak ikut kontes kita boleh ikutin mereka.

Ada beberapa Ciblek sering terlihat pada arena kontes:

1. Ciblek Sawah
Ciblek sawah mempunyai bentuk ekor panjang,  susunan warna bulu banyak putih terutama bagian dada, warna coklat tetap dominan sekitar punggung dan sedikit pada ekor.

2. Ciblek Gunung
Ciblek gunung memiliki tubuh besar dari jenis ciblek lain. Mempunyai warna bulu coklat tua hampir seluruh badan. Mempunyai variasi ocehan kicau bisa mengeluarkan bermacam-macam suara. Jenis Ciblek gunung terkenal sebagai ciblek petarung.

3. Ciblek Tambak
Cirinya Ciblek tambak warna putih dengan campuran warna abu-abu. Warna putih pada bulu tersusun mulai dari leher bagian bawah hingga bawah perut.

Ada juga variasi warna lain yaitu kuning pada bagianbawah ekor campur putih kecoklatan terbentang dari punggung sampai ke bagian ekor.

Jenis Ciblek tambak mempunyai suara ngebren, termasuk favorit dalam kontes.

baca juga: Cara Merawat Ciblek Agar Cepat Gacor

Sekarang boleh pilih mana yang Andari suka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.