Home » Budidaya » Ikan » Cara Pengendalian Hama Penyakit Ikan Bandeng

Cara Pengendalian Hama Penyakit Ikan Bandeng

Pengendalian hama dan penyakit ikan bandeng tentu sangat penting dalam usaha budidaya agar dapat hasil yang optimal. Lantas hama penyakit apa saja yang sering menyerang ikan bandeng untuk perlu diketahui?

Usaha budidaya ikan bandeng agar hasil optimal banyak hal penting lain yang juga perlu mendapat perhatian, misalnya menyediakan benih ikan agar usaha berkelanjutan dan menyiapkan lahan kolam ikan agar tidak mudah terserang penyakit.

Dua hal tersebut bisa dilihat disini:

Cara Menyediakan Benih Ikan Bandeng Unggul

Cara Menyiapkan Lahan Kolam Ikan Bandeng

Jika budidaya sudah berjalan mulai mengupayakan pengendalian hama dan penyakit, untuk langkah sangat mudah seperti berikut ini.

Penyakit Ikan Bandeng

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Ikan Bandeng

Langkah awal pengendalian hama penyakit bandeng yaitu mengetahui penyakit apa saja yang sering menyerang. sebagai diketahui ada beberapa hama ikan bandeng yang perlu diatasi.

Penyakit yang Sering Menyerang Ikan Bandeng

1. Pembusukan sirip
Penyakit pembusukan sirip ikan bandeng disebabkan oleh bakteri. Gejala ikan ikan terserang penyakit ini terlihat sirip ikan membusuk dari bagian tepi.

2. Vibriosis.
Penyakit vibriosis ikan bandeng disebabkan oleh bakteri Vibriosis sp. Gejala terserang penyakit ini nafsu makan ikan turun, pembusukan sirip dan pada bagian perut bengkak oleh cairan.

3. Penyakit oleh Protozoa.
Gejala ikan terserang penyakit protozoa yaitu terlihat nafsu makan ikan hilang, mata buta, sisik terkelupas, insang rusak, banyak berlendir.

4. Penyakit oleh cacing renik.
Penyebab penyakit ini yaitu cacing Diploctanum. Penyakit cacing renik menyerang bagian insang ikan sehingga menjadi pucat dan berlendir.

Penyebab Penyakit Ikan Bandeng dari Parasit

1. Penyakit dari bakteri, parasit dan jamur disebabkan lingkungan yang buruk

2. Penurunan daya tahan tubuh ikan bandeng

3. .Penurunan kualitas lingkungan disebabkan oleh tingginya timbunan bahan organik

4. Pencemaran lingkungan dari aliran sungai.

Bahan organik dan kotoran akan membusuk akan menghasilkan gas-gas yang berbahaya.

Ketahanan tubuh ikan ditentukan olah kadar nutrisi pakan.

Pengendalian Penyakit Ikan Bandeng

Cara pengendalian penyakit ikan bandeng harus lebih utama pada pada kedua faktor tersebut, yaitu pakan ikan dan kondisi lingkungan yang bersih dan sehat.

Untuk mengatasi penurunan kualitas lingkungan bisa dilakukan pemberian TON dengan dosis 5 botol/ha atau 25 gr (2 sendok makan)/100 m2 pada kolam ikan.

Bahan ini mengandung unsur mineral dan asam-asam organik penting yang mampu mengatasi berbagai gas berbahaya hasil pembusukan kotoran dalam kolam. Unsur mineral dapat juga menyuburkan plankton sebagai pakan alami.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam jumlah ideal, perlu diberikan pakan dengan standar protein yang sesuai serta dengan penambahan produk NASA pada pakan buatan. Atau bisa juga dengan produk pabrik lain

NASA dengan kandungan mineral-mineral penting, vitamin, asam organic, protein dan lemak akan menambah dan melengkapi nutrisi pakan bandeng. Sehingga ketahanan tubuh ikan bandeng hidup dan berkembang dengan baik.

baca juga: Cara Pemberian Pakan Ikan Bandeng Agar Tumbuh Cepat

Demikan cara mengatasi atau pengendalian hama dan penyakit ikan bandeng agar tumbuh lebih cepat dan optimal. Sumber:teknis-budidaya.blogspot com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.