Home » Budidaya » Burung » Beda Pleci Jantan atau Betina Gampang Sekali

Beda Pleci Jantan atau Betina Gampang Sekali

Beda Pleci jantan atau betina sangat perlu untuk menentukan bakalan burung. Jika hendak memelihara burung kicau tentu  hal ini sangat penting, mau yang jantan atau betina. Burung pleci jantan tentu lebih banyak disukai oleh penggemar burung karena  lebih bagus.

Burung pleci jantan dari segi warna dan kicauan lebih bagus dari betina. Jika untuk pembesaran tentu memilih yang jantan tapi kalau untuk ternak pilih keduanya yaitu jantan dan betina.

Asal burung Pleci yaitu menentap pada hutan-hutan terbuka di kawasan Asia Tropis, mulai dari India ke Timur hingga Cina dan Indonesia. Burung Pleci termasuk salah satu burung yang mudah perawatannya dan termasuk paling populer.

baca juga: 7 Pilihan Burung Kicau Mudah Perawatan dan Paling Populer

Pleci mempunyai ciri lingkaran pada sekitar mata berwarna putih. Sisi atas tubuh tertutup bulu-bulu kehijauan atau hijau kekuningan, sedangkan sisi bawahnya sedikit bervariasi bergantung rasnya, kecuali leher dan dada berwarna kuning terang.

Beda Pleci Jantan Betina

Secara umum ciri-ciri burung Pleci begitu. Lalu bagaimana membedakan jantan atau betiana?

Beda Burung Pleci Jantan atau Betina

1. Kita semua tahu burung Pleci mempunyai lingkaran pada mata dan ini merupan ciri khas burung ini. Karena lingkar mata ini sangat mudah membedakan dari burung lain.

Lalu apa bedanya dengan jantan atau betina. Pleci jantan mempunyai lingkar mata lebih tebal dan tajam sedangkan betina lingkar mata lebih tipis.

2. Dari warna bulu juga bisa membedakan yaitu, warna hijau pleci jantan lebih tacam sedangkan betina kurang.

3. Lihat juga kloaka dan dubur agar lebih pasti jantan atau betina. Cara dengan meniup sedikit dan lihat, kalau lebih menonjol berarti burung jantan, sebaliknya kalau menipis berarti betina.

4. Dari segi badan juga bisa terlihat jantan betina. Pleci jantan mempunyai postur tubuh panjang dan besar warna putih melingkari pada mata terlihat tebal dan mempunyai bentuk paruh terlihat tebal dan panjang. Burung Pleci betina badan terlihat lebih pendek dan agak kecil.

Demikain cara membedakan burung Pleci jantan atau betina. Jika sudah yakin jantan langsung beli dah jangan kelamaan mikir. Selanjutnya burung rawat dengan baik agar cepat gacor. Untuk perawatan burung pleci tidak terlalu sulit, jaga kebersihan kandang dan mandikan secara teratur. Baca disini Cara Perawat Pleci Yang Baik.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.