Home » Budidaya » Burung » Beda Burung Ciblek Prinia Familiaris Dengan Olivaces

Beda Burung Ciblek Prinia Familiaris Dengan Olivaces

Beda burung Ciblek Prinia Familiaris dengan Olivaces untuk sekedar tahu saja. Suka memelihara burung kicau tentu sudah banyak koleksinya. Salah satu burung kicau banyak penggemar adalah Ciblek. Mungkin saja ada salah satu jenis Ciblik ini pada sangkar Andari.

Barangkali juga membantu dalam memilih burung yang kita mau sesuai peruntuntukan masing-masing kebutuhan para hobiis.

baca juga: Ciri-Ciri Ciblek Yang Baik Sering Ikut Lomba

Kadang dalam kandang ada Ciblek Familiaris Olivaces tapi ngak tahu jenisnya, jangan khawatir karena jenis ini emang agak jarang. Untuk itu kami ingin berbagi apa bedanya dengan jenis yang umum banyak kita lihat.

Ada banyak jenis burung Ciblek paling umum jenis Prinia familiaris familiaris. Jenis Olivaces kalau masih muda akan sangat sulit membedakan antara keduanya, tetapi ketika sudah dewasa akan mudah sekali membedakannya apalagi ketika sedang berkicau.

Beda Burung Ciblek Prinia familiaris Olivaces

Saat dewasa antara dua jenis burung ini mempunyai perbedaan baik dari segi warna maupun dari suara.

Ciblek Prinia familiaris

Jenis Ciblek

Jenis Prinia familiaris warna bulu lebih gelap dari Olivaces. Garis putih pada sayap lebih lebar. Badan lebih lebar, dada terlihat tampak lebih bidang. Ciblek Familiaris jantan suara juga keras, tajam dan tebal membentuk vokal ciikrak…ciikrak.. kombinasi suara cicitan.

Prinia familiaris familiaris atau umum disebut ciblek kristal. Burung ini endemik indonesia penyebaran terbatas di Pulau Jawa dan Bali, menyebar juga ke Pulau Sumatera dan Kalimantan.

baca juga: Cara Merawat Ciblek Cepat Gacor

Ciblek Prinia Familiaris Olivaces

Ciblek-Olivaces

Prinia Familiaris Olivaces tampak lebih terang. Ciblek jenis ini adalah subspesies dari prinia familiaris. Burung ini agak sedikit berbeda dari Prinia Familiaris Familiaris dari warna bulunya yang cenderung terang atau kuning pada bagian perut. Tipe suara berbeda dari Ciblek Kristal.

Garis putih pada sayap lebih pendek dan agak kecil, tubuh tampak ramping, serta dada tidak terlalu bidang, bulu dada jantan hitam tampak tipis atau samar, kicau lebih menonjolkan jeritan panjang satu nada dan tidak membentuk vokal seperti ciikrak..ciikrak..cet..cet.. oleh karena vokal suara tidak terbentuk maka suara kicau terdengar tipis dan kurang keras.

baca juga: Cara Merawat Ciblek Liar Baru Ditangkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.