Home » Budidaya » Burung » Perawatan Kacer Mbagong dan Cara Pencegahanya

Perawatan Kacer Mbagong dan Cara Pencegahanya

Perawatan Kacer mbagong terdiri dari beberapa macam cara. Biasanya burung Kacer memiliki suara merdu, lantang dan mempunyai variasi suara yang lebih dari burung kicau lain. Jika sifat aslinya ini hilang tentu tidak nyaman, sangat merugikan apalagi pada saat lomba.

baca juga: Cara Memilih Kacer Yang Baik

Kacer mbagong adalah sebuah kondisi alami ketika burung menggembungkan tubuh dan mengeluarkan suara yang tidak enak tidak merdu. Kondisi ini tentu saja merugikan bagi Anda yang mengikut sertakan kacer dalam kontes burung kicau.

Kalau kacer sudah mbagong apa boleh buat, sekarang tergantung kita bagaimana supaya kembali baik. Untuk mengembalikan kondisi semula tergantung kebiasaan burung itu sendiri. Jika sudah punya cara mengatasi kacer mbagong secara khusus lanjutkan saja. Jika belum Anda boleh coba cara berikut ini.

Perawatan Kacer Mbagong

Perawatan Kacer Mbangong

Hal paling sederhana dalam perawatan kacer mbagong adalah dengan cara mengembalikan ke suasana alam agar Kacer kembali baik. Adapun langkah-langkah yang bisa coba adalah:

1. Menjauhkan Kacer dari burung-burung lain yang sedang gacor.

2. Masukan ke kandang umbaran buat dasar kandang langsung tanah. Kurungan kandang umbaran buat dari strimin, buat seperti alami.

3. Kalau tidak punyai tempat untuk kandang umbaran cukup full kerodong saja termasuk posisi penjemuran.

4. Kandang tempat bak mandi beri pasir yang sudah bersih (cuci terlebih dahulu). Usahakan seperti alami dan jaga kebersihan kandang.

5. Selama Kacer dalam penyembuhan jangan beri makan EF cukup pur saja.

6. Untuk pemberian minuman tetap selalu berikan vitamin supaya kondisi burung tetap prima.

Demikian cara membuat Burung Kacer baik kembali tidak mbagong. Lalu bagaimana perawatan harian agar tidak gampang mbagong.

Baca juga: Perawatan Harian Burung Kacer

Tips Agar Tidak Gampang Mbagong

1. Kondisi Perawatan Harian

Agan boleh coba beri fooding jangkrik 10 pagi 10 sore, kalau sudah makan ya sudah. Tapi emang sayang juga sih burung kenceng ngak ada musuh, boros juga. Kembali lagi ke Agan sekalian mau coba atau tidak atau sesuaikan dengan kebiasaan burung.

2. Kondisi Perawatan Saat Lomba

Pada kondisi lomba burung harus betul-betul prima di lapangan. Kalau biasanya burung beri 10 fooding jangkrik 2 kali sehari maka menu bertambah menjadi 2 kali lipat yaitu 20 pagi sore dan itu harus ditambah 5 lagi. Sebelum turun ke lapangan kontes hal ini akan membuat kacer menjadi kenceng.

Dengan catatan dalam kondisi perawatan normal dan full kerodong.

Semua itu lakukan selama 1 bulan dengan cara sedikit demi sedikit sampai pada posisi maksimal. Setelah yakin siap lomba baru burung ikutkan lomba. Baca juga: Perawatan Kacer Jadi Jawara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.